Panduan Dress Code yang Aman untuk Segala Suasana

November 15, 2018

Dalam kesempatan atau acara, kadang disertakan “dress code” untuk bisa menghadiri acara tersebut, agar pakaian tamu undangan sesuai dan seragam dengan tema acara. Hal tersebut nggak bisa lo remehkan, Bro!

 

Sebagai cowok yang sophisticated lo harus bisa menyesuaikan cara berpakaian dengan acara yang akan lo hadiri. Apakah cocok dengan celana jeans aja, atau mungkin harus lengkap dengan setelan jas? Daripada bingung, simak panduan di bawah ini nih, biar lo nggak salah kostum!

 

Formal
Pakaian formal biasanya dapat dipakai untuk acara-acara mewah, seperti pesta dansa, acara pernikahan sebagai pengantin pria dan gala. Dan, nggak hanya sekedar pakai jas dan dasi aja, Bro, tapi lebih dari itu. Lo harus punya setelan tuksedo lengkap dengan rompi di dalamnya dan pakai oxford shoes, disarankan pakai dasi kupu-kupu berwarna putih, karena menurut kode berpakaian, dasi putih adalah yang paling formal dibanding dasi berwarna hitam. Walaupun pakaian ini jarang lo pakai, tapi setelan tuksedo harus jadi salah satu “must item” yang lo punya, Bro.

 

Semi-Formal
Pada pakaian dengan tema semi-formal, lo tetap harus memakai setelan tuksedo atau jas, namun bisa lebih santai, Bro. Cocok untuk menghadiri acara pernikahan dengan si Dia. Tema pakaian ini nggak harus memakai tuksedo dengan berwarna hitam dan kaku, tapi lo bisa bermain warna disesuaikan dengan waktu acara tersebut. Untuk acara di siang hari, pakai setelan jas dengan warna lebih terang, seperti beige dan nude. Padu padankan dengan kemeja putih di dalamnya, dan jangan lupa pakai dasi warna hitam atau senada dengan jas. Jika acaranya malam hari, lo bisa pakai setelan jas dengan warna lebih gelap, seperti navy dan dark grey. Eits, jangan pakai sneakers ya, Bro, tapi pakai sepatu kulit biar terlihat semakin kece.

 

Business
Pakaian ini cocok banget lo pakai untuk menghadiri acara perusahaan atau rapat resmi. Biasanya lo harus memakai “matched suit” yang menunjukkan gaya berpakaian cerdas bergaya, intelektual dan sederhana. Jangan terlalu bermain dengan motif, karena hanya akan mengurangi kesan profesionalisme, cukup pakai kemeja polos dengan warna soft dan kenakan suit berwarna lebih gelap yang masih senada. Lengkapi penampilan lo dengan dasi dan sepatu kulit berwarna hitam ya, Bro.

 

Business Casual
Apa bedanya dengan pakaian bisnis di poin sebelumnya? Tentu beda dong, Bro. Di pakaian tema Business Casual ini, lo nggak harus memakai suit lengkap dengan dasi, dan sebagainya. Tapi, di sini lo bisa bergaya formal dengan tetap santai. Lo bisa pakai kemeja polos atau sweater, dan tambahkan blazer di luarnya. Tidak perlu dasi ataupun sepatu kulit. Cukup sepatu pantofel ataupun sneakers, dan pakai celana chino sebagai pengganti celana bahan. Bisa lo pakai untuk Business Trip atau sekedar meeting dengan klien di luar kantor.

 

Casual
Jenis pakaian ini yang paling nyaman dan dapat lo pakai ke semua acara, kecuali acara formal tentunya. Bisa lo pakai untuk kencan, bertemu dengan teman, atau sekedar jalan-jalan. Yang sering dipakai pada jenis ini adalah celana jeans, kaus dan sneakers. Tapi, lo bisa lebih kreatif lagi dengan menambahkan aksesori, seperti jam tangan, kemeja flanel sebagai outer, dan denim jacket atau parka. Bosan dengan jeans? Pakai aja chino pants, ankle pants, atau celana selutut agar lebih santai.

Related Article